Mengabarkan Berita terbaru

Waspadai 4 Hal Berikut Saat Membeli Bibit Ikan Murah

0
Posted in Bisnis By Worance

Ketatnya persaingan dalam penjualan bibit ikan menjadikan para pedagang berlomba-lomba untuk menarik pelanggan dengan cara menawarkan bibit ikan murah. Mendapatkan penawaran harga murah, menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk membeli bibit ikan tersebut tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

Banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh penjualan bibit ikan murah, diantaranya adalah persaingan tidak sehat sesama penjual, penurunan kualitas barang dan layanan, dan kasus penipuan.

Sebagai seorang pembeli, Anda harus cerdas dalam memilih bibit ikan yang akan dibudidayakan. Jangan terpengaruh hanya karena label bibit ikan murah, sehingga akhirnya terkena penyesalan di kemudian hari. Terlebih untuk usaha budidaya ikan cupang.

Berikut ini 4 hal yang harus diwaspadai saat Anda mendapatkan penawaran bibit ikan murah yang cenderung tidak masuk akal.

1.Kualitas bibit ikan yang buruk

Bibit ikan murah umumnya berbanding lurus dengan kualitas yang buruk. Mustahil bisa mendapatkan bibit ikan yang berkualitas dengan harga murah. Pasalnya, untuk mendapatkan bibit ikan yang baik membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari pemilihan induk yang berkualitas, pakan yang berkualitas, serta pemijahan yang baik. Semua itu membutuhkan biaya, sehingga mustahil jika nantinya dijual dengan harga murah.

2.Jumlah benih ikan tidak sesuai

Saat Anda membeli bibit ikan murah, pastikan untuk menghitungnya kembali saat tiba di tangan Anda. Pastikan jumlah bibit ikannya sesuai dengan pesanan Anda. Karena jumlah bibit juga sering dipermainkan oleh para penjual benih ikan, dimana mereka mengurangi jumlah benih ikan agar bisa bersaing harga.

3.Ukuran bibit ikan tidak sesuai

Saat membeli bibit ikan murah, Anda perlu juga mewaspadai kemungkinan ukuran bibit ikan yang tidak sesuai. Misalnya benih ikan yang seharusnya berukuran 3-4, ternyata oleh si penjual diganti dengan ukuran 3-5.

4.Metode pengiriman benih ikan tidak sesuai SOP

Sebelum membeli bibit ikan murah, pertanyakan terlebih dahulu metode pengiriman dan pengemasan yang mereka berlakukan. Benih ikan harus dipersiapkan (pemberokan; threatmen; pengobatan; penyesuaian air saat karantina ikan; perawatan media karantina ikan seperti waring, ember seleksi, dll yang harus rutin dilakukan; dll). Semua itu tentu saja memerlukan biaya dan SDM yang kompeten di bidangnya. Faktanya, banyak penjual bibit ikan murah yang menghilangkan proses tersebut untuk menekan harga.

Leave a Reply