Mengabarkan Berita terbaru

Pergerakan Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

0
Posted in Parenting By Worance

originals.id – Pada usia 6 bulan pertama, gizi sangat berperan penting ketimbang genetik. Apabila ketika masih bayi mendapatkan gizi yang optimal, pertumbuhan anak sampai usia 2 tahun akan mencapai titik potensi genetiknya.

– Pada 2 tahun pertama dapat terjadi kanalisasi, artinya anak akan mencari potensi genetiknya.

Contohnya, apabila bayi yang lahir dengan potensi genetik dari orangtuanya yang memang tinggi, maka tinggi badannya perlahan akan bertambah menuju titik potensinya. Sedangkan untuk orangtuanya yang memiliki tinggi badan pendek dan bayi yang lahir dengan standar normal, maka tumbuh tinggi badan si kecil akan menurun perlahan menuju titik potensi genetiknya.

– Sejak si kecil sia 4 tahun pertambahan tinggi sekitar 5—6 cm per tahunnya. Pertambahan ini tidak banyak sampai anak pubertas. w Setelah pubertas, pertambahan tinggi anak perempuan sekitar 8—9 cm per tahun dan pada anak laki-laki sekitar 9—10 tahun. Di masa ini anak mengalami growth spurt (pertambahan tinggi yang cepat). Masa pubertas ini terjadi dalam beberapa tahun dan dimasa itu pertambahan tinggi total pada anak perempuan sekitar 23—25 cm sedangkan pada anak laki-laki sekitar 25—30 cm.

– Setelah pubertas pertumbuhan tinggi kan mulai menurun, sekitar 5—1 0% totalnya dari tinggi -yang ada. w Umumnya jika sudah berakhir masa pubertasnya maka lempeng pertumbuhan akan mulai menurun dan kemudian menutup.

Benarkah renang membuat tinggi bertambah

Bisa dikatakan seperti itu, karena beberapa olahraga dapat membantu tinggi badan bertumbuh. Beberapa jenis olahraga yang dikatakan bisa membantu menambah tinggi badan antara lain, basket dan renang. Karena olahraga tersebut menggerakkan tulang dan otot di seluruh tubuh.

Cara mengukur tinggi potensi genetik

Tinggi Potensi Genetik (TPG) adalah perkiraan tinggi akhir (tinggi dewasa) anak yang dihitung berdasarkan tinggi badan orangtua. TPG anak laki-laki = [TB Ibu (cm) + 13] + TB Ayah + 8,5 cm 2 TPG anak Perempuan = [TB Ayah (cm) + 13] + TB Ibu + 8,5 cm 2

Leave a Reply