Mengabarkan Berita terbaru

Mari Melihat Peninggal Bapak Pendidikan di Museum Dewantara Kirti Griya

0
Posted in Uncategorized By Worance

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak sekali objek wisata berupa museum. Di Jogja  tercatat ada 33 museum. Sebagai dalah satu kawasan yan terkenal sebagai Kota pendidikan terdapat sebuah museum yang merupakan menjadi bukti sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya di Jogja. Museum itu adalah Museum Dewantara Kirti Griya yang merupakan salah satu museum pendidikan di Jogja.

Museum Dewantara Kirti Griya adalah museum yang merupakan peninggalan dari tokoh pendidikan bangsa yaitu Ki Hadjar Dewantara. Museum awalnya adalah rumah kediaman dengan gaya Belanda yang dibeli Ki Hadjar Dewantara dan rekannya pada tahun 1935. Rumah ini memiliki luas tanah sekitar 5.594 meter persegi dan tercatat sebagai cagar budaya di Jogja. Pada akhirnya rumah ini dijadikan sebagai Museum Dewantara Kirti Griya yang diresmikan pada tahun 1970. Nama tersebut merupakan pemberian dari Bapak Hadiwidjono yang merupakan seorang ahli bahasa Jawa. Arti nama tersebut yaitu Dewantara, adalah nama dari Ki Hadjar Dewantara. Kirti berarti pekerjaan (Sansekerta). Griya berarti rumah. Sehingga arti lengkapnya adalah rumah yang berisi hasil kerja Ki Hadjar Dewantara.

Di Museum Dewantara Kirti Griya, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam koleksi yang merupakan peninggalan dari Ki Hadjar Dewantara semasa hidupnya. Terdapat gambar aktivitas beliau selama mengajar dan lainnya. Terdapat juga berbagai perabotan yang digunakan sehari-hari oleh beliau semasa hidup. Salah satu koleksi yang menarik di museum ini adalah sebuah mortir yang digunakan oleh Belanda saat menyerang Jogja.

Lokasi Dewantara Kirti Griya:

Museum Dewantara Kirti Griya berada di JL. Tamansiswa, No. 31, Jl. Taman Siswa, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di dalam Kota Jogja dan jika datang hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit – 30 menit untuk tiba di museum ini. Bagi mereka yang ingin mengunjungi museum ini dapat rental mobil agar lebih mudah. Jika datang dalam rombongan besar dapat rental elf murah Jogja dan menjadikanya paket wisata murah Jogja.

Tiket dan Jam Buka Museum Dewantara Kirti Griya:

Museum Dewantara Kirti Griya buka setiap hari Senin hingga Sabtu dan Minggu Tutup. Museum Dewantara Kirti Griya buka pada pukul 08:00 hingga 13:30 WIB. Tiket masuk kawasan ini Rp. 3.000 per orang.

Tips Wisata Dewantara Kirti Griya:

  1. Pakailah busana yang nyaman untuk dipakai di museum.
  2. Gunakan alas kaki yang enak berkegiatan museum.
  3. Potret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan merusak fasilitas di museum ini.
  5. Jagalah kebersihan di museum.

Leave a Reply