Mengabarkan Berita terbaru

Cara Mengelola Keuangan Pelajar menurut Muamala (Praktis)

0
Posted in Bisnis By Worance

Mengelola keuangan bisa sulit untuk orang dewasa muda. Berita baiknya adalah Anda dapat mendidik diri sendiri tentang mengelola keuangan Anda secara bertanggung jawab dan menghindari potensi kesalahan yang bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih.

Mempelajari cara mengelola keuangan Anda sejak dini merupakan bagian penting dari pendidikan keuangan bagi siswa dan akan membimbing Anda di jalan menuju masa depan keuangan yang sehat.

5 Langkah untuk Mengelola Keuangan Pelajar

Berikut penjelasan tim muamala.net tentang cara pengeolaan keuangan mahasiswa atau pelajar.

1. Buka rekening bank.

Ini mungkin tampak jelas tetapi jika Anda tidak memilikinya, Anda akan kesulitan mengelola keuangan Anda. Mulailah dengan rekening giro dan tabungan.

2. Tetapkan tujuan keuangan.

Menetapkan tujuan keuangan adalah pilihan cerdas dan bisa sangat bermanfaat. Alih-alih berkeliaran tanpa tujuan, Anda memiliki sesuatu untuk diperjuangkan dan jalan yang jelas untuk sampai ke sana. Untuk menetapkan tujuan finansial, tentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda.

Tuliskan dan tetapkan tonggak sepanjang jalan untuk membantu Anda mencapainya. Prioritaskan tujuan Anda dan buat rencana aksi. Ingatlah untuk bersikap realistis ketika menetapkan tujuan keuangan. Anda ingin menetapkan tujuan yang cukup terjangkau.

3. Buat anggaran

Muamala
Muamala Net

Membuat dan mengikuti anggaran realistis membantu Anda menghindari melakukan pembelian yang tidak mampu Anda lakukan, kehilangan pembayaran, atau gagal bayar atas pinjaman Anda.

Kesalahan ini dapat merusak riwayat kredit Anda dan karena itu kemampuan Anda untuk: menyewa apartemen, meminjam untuk membeli rumah atau mobil, atau yang paling penting, mendapatkan pekerjaan. Untuk membuat anggaran pribadi Anda, gunakan kalkulator kami.

4. Bayar diri Anda terlebih dahulu.

Menghasilkan uang – dan membelanjakannya – bisa terasa sangat bermanfaat. Namun, menabung dapat membantu Anda mencapai banyak tujuan finansial Anda. Dari setiap gaji, setorkan uang dalam jumlah tertentu secara otomatis ke “rekening dana darurat” dan “rekening tabungan reguler” Anda. Memulai dari yang kecil tidak apa-apa; Anda selalu dapat meningkatkan jumlahnya di masa mendatang.

Konsistensi adalah kunci untuk mengembangkan kebiasaan menabung yang berhasil. Setelah membayar tagihan bulanan Anda, pertimbangkan untuk segera memasukkan uang tambahan ke rekening tabungan Anda daripada menunggu sampai akhir bulan untuk melihat apa yang tersisa. Ini akan mencegah Anda menghabiskan uang ekstra Anda untuk pembelian yang tidak perlu yang dapat mengganggu pencapaian tujuan keuangan Anda. Ketika Anda menyimpan uang, ingatlah untuk melakukannya di akun penghasil bunga. Minat majemuk membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat.

5. Habiskan dengan bertanggung jawab.

Pembelian kecil benar-benar bisa bertambah. Lihatlah grafik di bawah ini. Cobalah untuk meminimalkan jenis biaya ini – Anda tidak hanya akan menghemat uang – Anda juga akan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Terakhir: Jangan tumpang tindih.

Jika Anda perlu meminjam, apakah itu pinjaman pelajar atau pinjaman mobil, Anda perlu memastikan bahwa Anda meminjam sesuai kemampuan Anda. Baca strategi ini tentang peminjaman yang bertanggung jawab . Dan untuk mengetahui tips keuangan lainnya bisa cek di www.muamala.net

Leave a Reply