Mengabarkan Berita terbaru

Istilah Franchise

0
Posted in Bisnis By Worance

Kata franchise berasal dari bahasa Perancis Kuno dengan beberapa pengertian umum. Para pengamat ekonomi mencoba menyimpulkan teori franchise menurut versinya masing-masing. Dalam bahasa Inggris franchise dikenal dengan istilah franchising, yang berarti kebebasan dalam menjual layanan jasa atau suatu produk real. Di antara beberapa teori franchise yang pernah muncul ke permukaan menurut para pengamat ekonomi adalah: kurs dollar

  • Menurut European Code of Ethics for Franchising, franchise adalah sistem pemasaran barang dan atau jasa dan atau teknologi yang didasarkan pada kerjasama tertutup yang dilakukan secara terus menerus antara franchisor dan franchisee dan terpisah secara hukum dan keuangan yang pemiik hak atau franchisor memberikan hak pada franchisee dan beban kewajiban untuk melakukan usahanya sesuai dengan konsep dari franchisor.
  • Menurut Blake and Associates, franchise artinya bebas yang kemudian pada Abad Pertengahan disimpulkan sebagai hak utama atau kebebasan.
  • Menurut Queen, franchise adalah usaha pemberian lisensi dari franchisor kepada franchisee di bawah nama dagang pemilik merek dengan kontrak dan pembayaran royalti.
  • Menurut Winarto, franchise adalah hubungan kemitraan antara franchisor yang usahanya sukses dan kuat dengan franchisee yang relatif masih baru dan belum menunjukkan hasil dengan tujuan untuk bisa saling menguntungkan. Bidang usaha mereka khususnya penyediaan jasa dan produk langsung ke konsumen. 

Leave a Reply