Mengabarkan Berita terbaru

Indahnya Air Terjun Sidoharjo, Air Terjun Perawan Di Kulonprogo

0
Posted in Uncategorized By Worance

Memiliki beberapa kabupaten, Yogyakarta merupakan provinsi yang memiliki banyak objek wisata alam yang menjadi tujuan utama wisatawan dari dalam maupun luar Jogja. Kabupaten Kulon Progo yang berada di sisi barat Jogja memiliki beberapa destinasi wisata yang pastinya wajib untuk dikunjungi. Kabupaten ini memiliki objek wisata populer seperti Kalibiru, Pantai Glagah, Hutan Mangrove Congot dan objek wisata lainnya. Salah satu tujuan wisata yang sekarang ini banyak dikunjungi wisatawan di Kulon Progo adalah Air Terjun Sidoharjo.

Air Terjun Sidoharjo merupakan salah satu air terjun yang ada di Kulon Progo. Terdapat banyak air terjun di kabupaten ini karena sebagian besar kawasan ini berupa pegunungan yaitu Pegunungan Menoreh. Air terjun ini awalnya tidak banyak yang tahu namun setelah dipopulerkan banyak pihak melalui media sosial, berlahan popularitasnya pun meningkat dengan tajam dan menjadi salah satu tujuan utama wisata di Kulon Progo.

Air Terjun Sidoharjo ini istimewa karena berada di tengah-tengah bukit di Pegunungan Menoreh. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 neter dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat. Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan mempesona. Mereka juga bisa bermain air di sekitar air terjun walau harus hati-hati karena air terjun tersebut cukup deras.

Lokasi Air Terjun Sidoharjo:

Air Terjun Sidoharjo berada di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata ini ada di kawasan Pegunungan Menoreh, membutuhkan waktu sekitar 2 – 2,5 jam untuk tiba di objek ini memakai kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan sebuah air terjun yang indah bisa menjadikanya paket wisata murah Jogja dan bisa juga sewa bus wisata di Jogja jika datang dalam kelompok besar.

Tiket dan Jam Buka Air Terjun Sidoharjo:

Air Terjun Sidoharjo ini buka setiap hari dan dibuka mulai jam 08:00 hingga 17:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini adalah gratis dan hanya dikenai tiket parkir saja,-. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun ini dan alam disekitarnya.

Tips Wisata Air Terjun Sidoharjo:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk berwisata di air terjun.
  2. Bawa baju ganti jika ingin basah-basahan.
  3. Pakailah alas kaki yang enak dipakai untuk jalan-jalan di bebatuan.
  4. Abadikan setiap momen spesial di kawasan ini.
  5. Jangan merusak fasilitas di kawasan ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata.

Leave a Reply