Mengabarkan Berita terbaru

Cara Memilih Bibit Ikan Lele untuk Usaha Budidaya yang Berhasil

0
Posted in Bisnis By Worance

Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih bibit ikan lele beserta dengan ciri-cirinya. Informasi ini penting karena kesuksesan budiddaya ikan lele sangatlah bergantung pada kualitas bibit ikan yang digunakan. Jika semakin baik bibit ikan yang dipilih maka akan semakin kecil resiko kerugian yang akan dirasakan.

Ikan lele belakangan makin meningkat permintaannya. Warung-warung makan kaki lima yang menyediaakan masakan lele penyet yang terus meningkat jumlahnya ikut mendongkrak permintaan terhadap ikan berkumis ini.Rasanya yang enak untuk diolah menjadi masakan bergizi membuat banyak orang yang makin menyukai makanan ikan air tawar ini. Apalagi harganya yang cukup terjangkau membuat permintaan pasar terus meningkat.

Kenali Ciri Bibit Ikan Lele Unggul

Mengenali ciri-ciri bibit ikan lele unggul merupakan tahapan penting sebelum Anda memulai usaha ternak ikan ini. Adapun cara memilih bibit ikan lele yang baik adalah sebagai berikut:

Pertama, pilihlah pergerakan bibit lele yang lincah. Apabila bibit ikan lele terlihat lemas dan kurang pergerakannya atau hanya maju mundur saja maka sebaiknya bibit ikan lele tersebut jangan dibeli.

Kedua, ciri-ciri dari bibit ikan lele yang baik adalah permukaan badan yang mulus dan sewarna. Jika Anda menemukan bibit lele yang permukaan kulitnya lecet-lecet sebaiknya bibit ditinggakan saja. Bibit ikan lele yang baik memiliki warna tubuh yang sewarna (umumnya cokelat tua atau hitam kemerah-merahan.

Ketiga, bibit ikan lele dapat bergerak melawan arus yang secara lembut, caranya miringkan wadah bibit ikan lele secara perlahan, secara umum atau sebahagian besar dari bibit ikan jika bergerak melawan arus maka dapat disimpulkan bibit tersebut dalam keadaan yang baik, begitu juga sebaliknya.

Semakin bagus bagian-bagian penampilan tubuh dari bibit ikan lele maka semakin baik nilai bibit tersebut. Penjelasan diatas adalah proses awal tentang cara memilih bibit/benih yang baik dan berkualitas.

Demikianlah menjelaskan tentang cara memilih bibit ikan lele yang baik. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal dalam memilih benih atau bibit ikan lele agar memberikan hasil panen usaha budidaya ikan seperti yang diharapkan dan semoga informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply