Mengabarkan Berita terbaru

6 Usaha Kuliner Unik Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Ke Banjarmasin

0
Posted in Uncategorized By Worance

Usaha kuliner – Ragam kuliner khas disetiap daerah Indonesia memang tak ada habisnya, selalu punya daya tarik tersendiri. Sama halnya dengan di Banjarmasin, ada berbagai jenis makanan khas yang menarik untuk dicicipi. Oleh karena itu, kami akan membagikan sedikit informasi mengenai kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini. mesin jahit

Soto Banjar

Makanan Soto memang sangat populer, namun setiap daaerah memiliki Soto dengan ciri khasnya masing-masing. Di Banjarmasin, Soto berupa lontong putih yang di potong kecil-kecil kemudian ditambahkan dengan kuah Soto yang kaya akan rempah. Sangat menggoda untuk dicicipi karena rasanya yang nikmat apalagi jika ditambahkan dengan perasan jeruk purut dan ditambahkan dengan sate khas Banjarmasin. Banyak masyarakat yang menjadikan Soto sebagai bisnis makanan sehingga menu yang satu ini cukup mudah dicari. Nah… jika anda sedang berkunjung ke sini, maka jangan lewatkan untuk merasakan nikmatnya Soto Banjar. jual pashmina instan di bogor

Gangan
Gangan adalah sebutan untuk masakan sayur khas banjar yang berkuah. Jika anda ke tempat usaha kuliner khas Banjar misalnya Rumah Makan, maka akan sering dijumpai aneka masakan sayur yang berkuah yang dijadikan pelengkap saat makan. Gangan di Banjarmasin beraneka macam, seperti gangan waluh(labu), gangan keladi, gangan asam, gangan humbut, dll.

Mandai

Mandai biasanya banyak dijumpai saat musim buah cempedak. Di Banjarmasin, kulit cempedak tidak dibuang begitu saja tetapi diolah menjadi makanan yang nikmat. Tekstur kulit cemedak yang hampir mirip seperti daging menjadikan Mandai bisa dijadikan pengganti lauk. Cara membuatnya cukup mudah, setelah kulit dalam buah cempedak dipisahkan dengan kulit luar, kemudian dipotong kecil-kecil, setelah itu digoreng bersama bumbu. Mandai yang belum dimasak, bisa disimpan dalam waktu yang lama jika direndam dalam air garam, hal ini banyak dimanfaatkan oleh warga untuk usaha kuliner.


Bingka
Merupakan kue khas Banjar yang sangat terkenal, banyak orang yang menjadikannya usaha kuliner terutama saat bulan puasa. Bingka memiliki macam-macam jenis tergantung dari bahan utamanya, seperti bingka kentang, bingka tapai (tape), bingka berandam yang disantap dengan kuah gula. Bingka biasanya disajikan dalam bentuk bunga, hal ini karena cetakan / loyang yang digunakan saat membuat bingka berbentuk bunga. Rasanya yang manis akan menggoyang lidah anda. Sangat pas disantap saat berbuka puasa.

Sate Banjar
Ciri khas dari Sate Banjar adalah saosnya, jika sebagian orang menyajikan sate hanya dengan lumuran kecap, maka di Banjarmasin disajikan dengan saos kacang yang telah dimasak. Sate ayam atau kambing yang dipadukan dengan lumuran saos kacang ditambah irisan bawang merah mampu membuat selera makan jadi meningkat. Biasanya sate dijual bersama menu lontong dan sop banjar.

Tarap
Buah Tarap merupakan buah khas kalimantan, buah ini dimanfaatkan orang banjar untuk diolah sebagai makanan. Hampir mirip dengan mandai, tarap juga dapat diawetkan dengan merendamnya dalam air garam. Untuk bisa menikmatinya bersama nasi, bisa langsung digoreng atau dioseng bersama bumbu. Tarap banyak dijadikan usaha kuliner oleh masyarakat sehingga mudah ditemui orang-orang yang menjual tarap dipasar.

Nah… apakah anda penasaran ingin mencicipi makanan khas dari Banjarmasin? Sempatkan waktu untuk menikmati kekayaan kuliner yang ada di Indonesia saat berkunjung ke daerah atau luar kota. Hal ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi anda.

Leave a Reply